Sabtu, 04 Oktober 2014

TUGAS 1 SOFTSKILL BAHASA INDONESIA

1.  1.Jelaskan fungsi dan peran bahasa
  Fungsi bahasa ada 4 yaitu :
a.       Komunikasi
Maksudnya adalah bahasa juga berfungsi dalam berkomunikasi kita dalam individu maupun kelompok.
b.      Integrasi dan adaptasi
Maksudnya adalah bahasa berfungsi sebagai integrasi dan adaptasi yaitu menyesuaikan bahasa di dalam lingkungan sosial untuk berkomunikasi terhadap orang lain atau suatu kelompok .
c.       Kontrol sosial
Maksudnya adalah bahasa berfungsi sebagai kontrol sosial yaitu yang diterapkan pada diri kita sendiri maupun dalam suatu kelompok.
d.      Ekspresi
Maksudnya adalah bahasa berfungsi sebagai ekspresi yaitu cara kita berkomunikasi dengan orang lain menggunakan ekpresi yang sesuai supaya maksud dan tujuan dalam komunikasi tersebut bias disampaikan dengan jelas.

   Peran bahasa sangat penting, salah satunya sebagai alat berkomunikasi kita terhadap orang lain atau    suatu kelompok dan kita bisa berpendapat dan memberi gagasan.

2.  2. Fenomena bahasa Indonesia di kalangan remaja atau dunia pendidikan

  Bahasa Indonesia di kalangan remaja atau dunia pendidikan masih sangat jarang dipakai dengan baik. Di dalam dunia pendidikan, ujian pelajaran Bahasa Indonesia masih banyak siswa-siswi mendapatkan nilai kurang bagus dibandingkan pelajaran Bahasa Inggris. Sedangkan di dalam dunia remaja juga masih banyak diantara mereka menggunakan bahasa alay atau di singkat-singkat jadi komunikasi diantara mereka tersebut bisa membuat salah paham atau tidak di mengerti oleh lawan bicaranya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar