Minggu, 19 Oktober 2014

Ragam Kedokteran (Tulisan-Softskil Bahasa Indonesia)

Ragam kedokteran

Dalam dunia kedokteran banyak bahasa-bahasa kedokteran salah satunya. Saya mau sedikit membahas tentang penyakit tumor. TUMOR merupakan sekelompok sel-sel abnormal yang terbentuk hasil proses pembelahan sel yang berlebihan dan tak terkoordinasi. Dalam bahasa medisnya, TUMOR dikenal sebagai NEOPLASIA. Neo berarti baru, plasia berarti pertumbuhan/pembelahan, jadi NEOPLASIA mengacu pada pertumbuhan sel yang baru, yang berbeda dari pertumbuhan sel-sel di sekitarnya yang normal. Yang perlu diketahui, sel tubuh secara umum memiliki 2 tugas utama yaitu melaksanakan aktivitas fungsional nya serta berkembang biak dengan membelah diri. Namun pada sel TUMOR yang terjadi adalah hampir semua energi sel digunakan untuk aktivitas berkembang biak semata. Fungsi perkembangbiakan ini diatur oleh inti sel (nucleus), akibatnya pada sel TUMOR dijumpai inti sel yang membesar karena tuntutan kerja yang meningkat.
Tumor maligna adalah sebuah tumor yang terdiri dari sel-sel kanker dari jenis yang dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Tumor karsinoid adalah kanker tumbuh lambat yang dapat timbul di beberapa tempat di seluruh tubuh Anda. Tumor karsinoid, yang merupakan salah satu anggota kelompok tumor neuroendokrin, biasanya muncul di saluran pencernaan (usus buntu, lambung, usus kecil, usus besar, rektum) dan paru-paru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar