Minggu, 19 Oktober 2014

Ragam Kedokteran (Tulisan-Softskil Bahasa Indonesia)

Ragam kedokteran

Dalam dunia kedokteran banyak bahasa-bahasa kedokteran salah satunya. Saya mau sedikit membahas tentang penyakit tumor. TUMOR merupakan sekelompok sel-sel abnormal yang terbentuk hasil proses pembelahan sel yang berlebihan dan tak terkoordinasi. Dalam bahasa medisnya, TUMOR dikenal sebagai NEOPLASIA. Neo berarti baru, plasia berarti pertumbuhan/pembelahan, jadi NEOPLASIA mengacu pada pertumbuhan sel yang baru, yang berbeda dari pertumbuhan sel-sel di sekitarnya yang normal. Yang perlu diketahui, sel tubuh secara umum memiliki 2 tugas utama yaitu melaksanakan aktivitas fungsional nya serta berkembang biak dengan membelah diri. Namun pada sel TUMOR yang terjadi adalah hampir semua energi sel digunakan untuk aktivitas berkembang biak semata. Fungsi perkembangbiakan ini diatur oleh inti sel (nucleus), akibatnya pada sel TUMOR dijumpai inti sel yang membesar karena tuntutan kerja yang meningkat.
Tumor maligna adalah sebuah tumor yang terdiri dari sel-sel kanker dari jenis yang dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Tumor karsinoid adalah kanker tumbuh lambat yang dapat timbul di beberapa tempat di seluruh tubuh Anda. Tumor karsinoid, yang merupakan salah satu anggota kelompok tumor neuroendokrin, biasanya muncul di saluran pencernaan (usus buntu, lambung, usus kecil, usus besar, rektum) dan paru-paru.

Selasa, 14 Oktober 2014

Sejarah dan Keragaman Bahasa Indonesia (softskill : tugas)

Sejarah Bahasa Indonesia

Bahasa merupakan salah satu unsur identitas nasional. Bahasa dipahami sebagai sistem perlambangan yang secara arbiter dibentuk atas unsur-unsur bunyi ucapan manusia dan digunakan sebagai sarana berinteraksi manusia. Di Indonesia terdapat beragam bahasa daerah yang mewakili banyaknya suku-suku bangsa atau etnis.
Setelah kemerdekaan, bahasa Indonesia ditetapkan sebagai bahasa nasional. Bahasa Indonesia dahulu dikenal dengan bahasa melayu yang merupakan bahasa penghubung antar etnis yang mendiami kepulauan nusantara. Selain menjadi bahasa penghubung antara suku-suku, bahasa melayu juga menjadi bahasa transaksi perdagangan internasional di kawasan kepulauan nusantara yang digunakan oleh berbagai suku bangsa Indonesia dengan para pedagang asing.
Telah dikemukakan pada beberapa kesempatan, mengapa bahasa melayu dipilih menjadi bahasa nasional bagi negara Indonesia yang merupakan suatu hal yang menggembirakan.
Dibandingkan dengan bahasa lain yang dapat dicalonkan menjadi bahasa nasional, yaitu bahasa jawa (yang menjadi bahasa ibu bagisekitar setengah penduduk Indonesia), bahasa melayu merupakan bahasa yang kurang berarti. Di Indonesia, bahasaitu diperkirakan dipakai hanya oleh penduduk kepulauan Riau, Linggau dan penduduk pantai-pantai diseberang Sumatera. Namun justru karena pertimbangan itu jualah pemilihan bahasa jawa akan selalu dirasakan sebagai pengistimewaan yang berlebihan.
Alasan kedua, mengapa bahasa melayu lebih berterima dari pada bahasa jawa, tidak hanya secara fonetis dan morfologis tetapi juga secara reksikal, seperti diketahui, bahasa jawa mempunyai beribu-ribu morfen leksikal dan bahkan beberapa yang bersifat gramatikal.
Faktor yang paling penting adalah juga kenyataannya bahwa bahasa melayu mempunyai sejara yang panjang sebagai ligua France.

Ragam Bahasa

Adanya bermacam-macam ragam bahasa terjadi karena fungsi, kedudukan serta lingkungan yang berbeda-beda. Ada beberapa ragam bahasa yaitu :
Ragam Lisan dan Ragam Tulis
Perbedaan ragam lisan dan tulis yaitu :
Ragam lisan mengendaki adanya orang kedua, teman bicara sedangkan ragam tulis tidak mengharuskan.
Dalam Ragam lisan unsur-unsur gramatikan seperti subjek, prediket dan objek tidak selalu dinyatakan, sedangkan ragam tulis harus dinyatakan.
Ragam lisan sangat terikan pada kondisi, situasi, ruang dan waktu sedangkan ragam tulis tidak.
Ragam lisan dipengaruhi oleh intonasi suara sedangkan ragam tulis dipengaruhi oleh tanda baca, huruf kapital dan huruf miring.
Ragam Baku dan Ragam Tidak Baku
Ragam baku adalah ragam yang dilembagakan dan diakui oleh sebagian besar warga masyarakat pemakaiannyasebagai bahasa resmi dan sebagai kerangka rujukan norma bahasa dalam penggunaannya.
Ragam tidak baku adalah ragam yang tidak dilembagakan da ditandai oleh ciri-ciri yang menyimpang dari norma ragam baku.
Ragam Baku Tulis dan Ragam Baku Lisan
Ragam baku tulis adalah ragam yang dipakai dengan resmi dalam buku-buku pelajaran atau buku-buku ilmiah lainnya.
Ragam baku lisan bergantung kepada besar atau kecilnya ragam daerah yang terdengar dalam ucapannya.
Ragam Sosial Dan Ragam Fungsional
Ragam sosial adalah ragam bahasa yang sebagian norma dan kaidahnya didasarkan atas kesepakatan bersama dalam lingkungan sosial yang lebih kecil dalam masyarakat.
Ragam fungsional adalah ragam bahasa yang dikaitkan dengan profesi, lembaga, lingkungan kerja atau kegiatan tertentu lainnya.


Sabtu, 04 Oktober 2014

TUGAS 2 SOFTSKILL BAHASA INDONESIA

Keunikan dan kelemahan bahasa Indonesia dibanding bahasa lain
-          Keunikannya
a.       Bahasa yang paling banyak digunakan.
b.      Menambah wawasan cara beretika berbahasa.
c.       Banyak yang bermakna sama tapi banyak cara mengatakannya/menyebutkannya
-          Kelemahannya
Bahasa Indonesia dari dulu sampai sekarang selalu ada perubahannya.  Contoh : doloe, dibaca dulu. Tidak seperti Bahasa Inggris misalnya. Ini dimaksudkan bahwa di Indonesia banyak berbagai bahasa jadi mempersulit kita dalam kehidupan sehari-hari.


TUGAS 1 SOFTSKILL BAHASA INDONESIA

1.  1.Jelaskan fungsi dan peran bahasa
  Fungsi bahasa ada 4 yaitu :
a.       Komunikasi
Maksudnya adalah bahasa juga berfungsi dalam berkomunikasi kita dalam individu maupun kelompok.
b.      Integrasi dan adaptasi
Maksudnya adalah bahasa berfungsi sebagai integrasi dan adaptasi yaitu menyesuaikan bahasa di dalam lingkungan sosial untuk berkomunikasi terhadap orang lain atau suatu kelompok .
c.       Kontrol sosial
Maksudnya adalah bahasa berfungsi sebagai kontrol sosial yaitu yang diterapkan pada diri kita sendiri maupun dalam suatu kelompok.
d.      Ekspresi
Maksudnya adalah bahasa berfungsi sebagai ekspresi yaitu cara kita berkomunikasi dengan orang lain menggunakan ekpresi yang sesuai supaya maksud dan tujuan dalam komunikasi tersebut bias disampaikan dengan jelas.

   Peran bahasa sangat penting, salah satunya sebagai alat berkomunikasi kita terhadap orang lain atau    suatu kelompok dan kita bisa berpendapat dan memberi gagasan.

2.  2. Fenomena bahasa Indonesia di kalangan remaja atau dunia pendidikan

  Bahasa Indonesia di kalangan remaja atau dunia pendidikan masih sangat jarang dipakai dengan baik. Di dalam dunia pendidikan, ujian pelajaran Bahasa Indonesia masih banyak siswa-siswi mendapatkan nilai kurang bagus dibandingkan pelajaran Bahasa Inggris. Sedangkan di dalam dunia remaja juga masih banyak diantara mereka menggunakan bahasa alay atau di singkat-singkat jadi komunikasi diantara mereka tersebut bisa membuat salah paham atau tidak di mengerti oleh lawan bicaranya.

Minggu, 04 Mei 2014

Interaksi Manusia dan Komputer (Implementasi Dukungan slide 10)

Implementasi Dukungan

Ringkasan
• Pemrograman alat memberikan tingkat layanan untuk programmer
• Dukungan sistem Window sebagai inti untuk thread terpisah dan simultan pengguna-sistem
• pemrograman aplikasi dan kontrol dialog
interaksi toolkit membawa pemrograman lebih dekat ke tingkat persepsi pengguna
sistem manajemen antarmuka pengguna membantu untuk mengontrol hubungan antara presentasi dan fungsi benda

Sistem manajemen antarmuka pengguna membantu untuk mengendalikan presentasi hubungan antara dan fungsionalitas dari objek

Pendahuluan
Hingga saat ini, perhatian kami telah miring jauh dari kekhawatiran dari pemrogram sebenarnya.
Pengkodean kemajuan dalam memiliki peningkatan dari hardware-specific pemrograman untuk interaksi techniquespecific.

Lapisan alat pengembangan
-sistem window
-interaksi toolkit
-sistem manajemen antarmuka pengguna

Elemen-elemen dari sistem window
perangkat kemerdekaan
pemrograman terminal abstrak

model gambar untuk output dan input (sebagian)
-piksel
-Grafis Kernel Sistem (GKS)
-Pemrogram Hirarkis Antarmuka Grafis (PHAGS)
-catatan tambahan

berbagi sumber daya
mencapai simultanitas tugas-tugas pengguna
sistem window mendukung proses independen
isolasi aplikasi individu

Peran sistem window

Arsitektur sistem window
3 kemungkinan arsitektur perangkat lunak
Semua menganggap driver perangkat terpisah
berbeda dalam bagaimana beberapa aplikasi manajemen dilaksanakan
1.                 Setiap aplikasi mengelola semua proses
semua orang khawatir tentang sinkronisasi mengurangi portabilitas aplikasi
2.                 Manajemen peran dalam kernel sistem operasi
aplikasi yang terikat dengan sistem operasi
3.                 Manajemen peran sebagai aplikasi terpisah
portabilitas maksimum
arsitektur klien-server

    arsitektur klien-server

Arsitektur sistem X Window

Pixel pencitraan model dengan beberapa menunjuk mekanisme
Protokol X mendefinisikan komunikasi server-klien
klien Manajer jendela terpisah memberlakukan kebijakan untuk input/output:
-Bagaimana mengubah input fokus
-keramik vs tumpang tindih windows
-transfer data antar klien
Pemrograman aplikasi
2 paradigma pemrograman
1.Baca-evaluasi loop
repeat
read-event(myevent)
case myevent.type
type_1:
do type_1 processing
type_2:
do type_2 processing
...
type_n:
do type_n processing
end case
end repeat

Pemrograman aplikasi
2 notification-based


menggunakan toolkit
interaksi objek
input dan output intrinsik terkait
toolkit menyediakan tingkat abstraksi
pemrograman dengan interaksi objek (atau teknik, widget, gadget)
mempromosikan konsistensi dan generalizability melalui serupa tampilan dan nuansa
setuju untuk berorientasi objek pemrograman


Sistem manajeman antarmuka pengguna
UIMS menambah tingkat di atas toolkit
toolkit yang terlalu sulit untuk non-programmer atau:
          UI pengembangan sistem uids
          uide lingkungan pengembangan UI
Sebagai sebuah arsitektur konseptual
menyediakan pemisahan antara aplikasi semantik dan presentasi, meningkatkan:
portabilitas
usabilitas
beberapa antarmuka
customizability

mengidentifikasi peran (misalnya, Seeheim)
presentasi komponen
kontrol dialog
aplikasi antarmuka model  
 Pelaksanaan dari UIMS
Teknik untuk dialog controller  
Menu jaringan
notasi tata bahasa
negara transisi diagram
acara bahasa, bahasa deklaratif
kendala, grafis spesifikasi

Arus dari dialog kontrol
pengendalian internal (misalnya, baca-evaluasi loop)
kontrol eksternal (independen semantik aplikasi atau presentasi)
presentasi kontrol (misalnya, grafis spesifikasi)

Ringkasan

Tingkat dukungan tool pemrograman
Sistem window
          perangkat kemerdekaan       
          beberapa tugas

Paradigma untuk pemrograman aplikasi  
          baca-evaluation loop
          notification-based

Peralatan
            pemrograman objek interaksi

UIMS
            Arsitektur konseptual untuk pemisahan
            teknik untuk mengekspresikan dialog








Interaksi Manusia dan Kompter (kelompok 10)

Bab 10
 pelaksanaan yang mendukung

10.1 dalam kontras yang read-evaluation loop dan paradigma notification-based untuk program, interaktif pembangunan sebuah dialog pre-emptive membahas.Bagaimana seorang pemrogram menggambarkan sebuah pre-emptive berarti? grafis dialog dengan murni( petunjuk: merujuk kepada diskusi di bagian 10.5 mengenai eksternal dan independen yang beralih dari dialog manajemen untuk presentasi kontrol dialog )
Menjawab
dialog dengan grafis menciptakan sebuah pre-emptive berarti cukup sederhana.Dalam sebuah graphics-based interaksi, diasumsikan bahwa pengguna hanya dapat berinteraksi dengan bagian dari sistem yang terlihat.Di sebuah sistem windowing, misalnya, pengguna hanya dapat langsung masukan untuk satu, saat ini dipilih jendela, dan satu-satunya cara untuk mengubah dipilih jendela akan oleh menunjukkan dengan beberapa gerakan dalam jendela itu.Untuk menciptakan sebuah dialog, pre-emptive sistem bisa menghasilkan jendela yang mencakup seluruh layar dan membuatnya yang saat ini dipilih jendela.Semua pengguna masukan kemudian akan diarahkan ke jendela itu dan pengguna tidak akan memiliki cara memilih lain jendela.' meliputi ' jendela dengan demikian pre-empts setiap pengguna lain tindakan kecuali yang didefinisikan untuk mendukung.

10.2 mengingat negara peraliham diagram untuk font karakteristik disajikan dalam bab viii ( bagian 8.3.3 ).Membandingkan berbagai interaksi obyek yang bisa menerapkan dialog. semacam iniMenggunakan contoh dari ada toolkits ( pull-down menu atau dialog kotak ) atau menciptakan sebuah novel interaksi objek.
menjawab
Untuk mengenang contoh, kami ingin memungkinkan pengguna untuk beralih antara tiga font karakteristik - berani, miring dan menggarisbawahi.Pull-down menu dan dialog box yang paling sering digunakan metode untuk menerapkan seperti dialog.Sebuah menu pull-down akan memiliki tiga pilihan yang terdaftar dengan cara tertentu untuk menunjukkan apakah karakteristik adalah aktif atau tidak.Pada setiap doa dari menu, pengguna bisa mengubah status aktif dari satu font karakteristik.Misalnya, mereka dapat menyalakan berani fitur atau mematikan yang berulang kali menggarisbawahi fitur. Yang penting dari ini adalah fitur dialog yang lebih kompleks tugas ( mengubah status aktif dari dua atau lebih font karakteristik ) hanya dapat dicapai oleh doa yang terpisah dari menu.Dan sering satu-satunya cara pengguna bisa mengecek status akan oleh muncul di menu lagi ( tanpa invoking setiap tindakan ).Poin terakhir ini menunjukkan bahwa menu desain sendiri tidak mendukung tampilan yang langsung terkait perubahan negara sebagai yang dimaksud dalam pasal 4 di bawah synthesizability prinsip.

Dalam dialog kotak, pengguna dapat efek beberapa perubahan pada salah satu doa.Secara teknis, hal ini tidak dialog kotak interaksi perangkat yang memungkinkan untuk ini, tetapi penggunaan tombol toggle.Setiap font karakteristik diwakili oleh sebuah kotak yang bertindak sebagai sebuah sederhana pada / dari saklar untuk yang karakteristik.Sebagai bantuan untuk pengguna, yang beralih tombol dapat mengubah penampilan sehingga pengguna dapat mengetahui status ( pada atau off ) dengan melihatnya.Interaksi widget yang sama adalah checkbox, yang akan dicap dengan tertentu font karakteristik. Mengklik pada checkbox akan menempatkan tanda di kotak penalti untuk menunjukkan bahwa karakteristik ada di.Lain klik akan menghapus mark.Bahkan, kotak dialog tidak perlu digunakan untuk menggambarkan set beralih tombol atau checkboxes, ketika mereka akan dipersembahkan terus-menerus sehingga pengguna dapat selalu melihat arus font karakteristik pengaturan.Alasan dialog kotak dapat digunakan adalah bahwa mungkin ada banyak huruf karakteristik untuk memilih dari dan dialog box yang tergabung akan membuat mereka tetap bersama-sama dan melestarikan layar ruang dengan memungkinkan mereka untuk menjadi tersembunyi dan digunakan pada sebuah as-needed dasar.

Latihan bekerja
Keesokan muncul sebagai sebuah bekerja latihan dalam bab 10:
• Bergulir adalah cara yang efektif untuk browsing melalui dokumen di jendela yang terlalu kecil untuk menunjukkan seluruh dokumen. Bandingkan berbeda perilaku interaktif objek interaksi dua berikut untuk menerapkan bergulir:
            •Scrollbar melekat pada sisi jendela dengan panah di bagian atas dan bawah. Ketika mouse diposisikan di atas panah di bagian atas layar (yang mengarah ke atas), bingkai jendela akan dipindahkan ke atas untuk mengungkapkan bagian dari dokumen di atas/sebelum apa yang sedang dilihat. Bila tanda panah bawah dipilih, bingkai bergerak ke bawah untuk mengungkapkan dokumen di bawah ini dan setelah tampilan yang aktif.
            •Dokumen ini terkandung dalam sebuah objek interaksi tekstual. Menekan tombol mouse dalam obyek teks memungkinkan Anda untuk menyeret dokumen dalam batas-batas jendela. Anda menyeret ke People turun dalam dokumen dan Anda tarik ke bawah untuk menelusuri.

Perbedaan antara dua kondisi dapat ditandai dengan memperhatikan bahwa, dalam kasus pertama, pengguna adalah benar-benar memanipulasi jendela (bergerak atas atau bawah untuk mengungkapkan isi dokumen), sementara di kasus kedua pengguna adalah memanipulasi dokumen (mendorongnya atas atau bawah untuk mengungkapkan isinya melalui jendela. Prinsip-prinsip kegunaan apa yang akan Anda gunakan untuk membenarkan satu metode dari yang lainnya (juga mempertimbangkan kasus ketika Anda ingin gulir ke sisi juga sebagai atas dan bawah)? Pertimbangan-pertimbangan implementasi apa penting? [halaman 393]


Selasa, 25 Maret 2014

TUGAS INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER

NAMA : LARASATI HENDRO APRILIA PUTRI
KELAS : 2KB05
NPM : 24112163
MATA KULIAH : INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER (SOFTSKILL)
DOSEN : R. SUPRIYANTO

Apa itu Interaksi Manusia dan Komputer? 

Merupakan satu disiplin ilmu yang mengkaji komunikasi atau interaksi diantara pengguna dengan sistem.
Sistem tersebut meliputi :
- Sistem pada komputer
- Sistem yg digunakan dalam kehidupan sehari- hari : kendaraan, peralatan rumah tangga dan sebagainya.

Aplikasi IMK dalam kehidupan sehari-hari?

Berikut ini adalah beberapa contoh implementasi IMK dalam kehidupan sehari-hari:
-Penggunaan Komputer
Tanpa disadari kita (manusia/user) telah berinteraksi/berdialog dengan sebuah benda (layar monitor), yaitu dalam bentuk menekan tombol berupa tombol angka dan huruf yang ada pada keyboard atau melakukan satu sentuhan kecil pada mouse, kemudian hasil inputan ini akan berubah bentuk menjadi informasi atau data yang seperti diharapkan manusia dengan tertampilnya informasi baru tersebut pada layar monitor atau bahkan mesin pencetak (printer).

-Penggunaan Automatic Teller Machine (ATM)

Pada ATM yang biasa kita gunakan juga merupakan sebuah Interaksi Manusia dan juga Komputer. Pada sebuah ATM kita dapat melihat sebuah sistem antarmuka (Interface), kita dapat melihat menu-menu yang tesedia pada layar ATM. Melakukan transfer, cek saldo, dsb.

-Penggunaan Laser Pada Operasi Medis
Pada bidang kedokteran IMK juga banyak berperan, seperti Sistem pakar, Operasi medis menggunakan bantuan laser,dsb. Mesin yang telah di desain (coding) sedemikian rupa akan di jalankan untuk melakukan operasi. Spesialis (dokter) melakukan penentuan koordinat pada bagian tubuh yang akan di lakukan operasi. Maka, input atau yang di lakukan Dokter ini akan di terima oleh Mesin, dan akan langsung segera di lakukan pembedahan.

-Situs Website

Situs web merupakan salah satu aplikasi sistem komputer yang banyak digunakan oleh manusia saat ini. Selain akses yang mudah dan jaringan yang luas, informasi-informasi sangat mudah didapatkan melalui sistem ini. Pencapaian informasi tersebut tentunya sangat terkait dengan desain antarmuka. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, begitu banyak hal yang dapat mengakibatkan kegagalan pada pengguna. Sangat disayangkan apabila informasi-informasi yang sangat mudah didapatkan melalui situs-situs web tidak dimaksimalkan atau justru memberikan dampak buruk bagi penggunanya.

Situs web memiliki karakteristik yang berbeda dengan aplikasi komputer lainnya. Perbedaan itu dapat dilihat informasi dan navigasi yang menjadi fokus pengguna, redundansi data dan informasi yang begitu banyaknya sehingga terkadang tidak diketahui dari mana asalnya, interaksi yang umumnya hanya dengan melakukan klik sekali pada link, waktu respon dan sebagainya. Karakteristik-karakteristik tersebut yang harus diperhatikan selain karakteristik pengguna situs sendiri.

sumber :  
http://sinthaanastasia.wordpress.com/2013/01/22/interaksi-manusia-dan-komputer/
http://nur-arianto.blogspot.com/2009/09/interaksi-manusia-komputer-imk.html